Hunian 68

10 October, 2017

5 Tips Detoks untuk Menjaga Kesehatan Rambut


KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa penampilan rambut bisa mencerminkan kondisi kesehatan? Misalnya saja, rambut tipis, kusam, dan mudah rontok menandakan pemiliknya mungkin kekurangan zat besi.
Ditambah lagi, rambut memang pada dasarnya mudah sekali rusak karena setiap hari terpapar oleh bahan kimia dan polusi lingkungan. Maka dari itu, perawatan rambut sama pentingnya dengan perawatan bagian tubuh lainnya. Salah satu cara merawatnya adalah dengan detoks rambut.
Detoks rambut sama halnya dengan detoks tubuh, berfungsi untuk membilas racun keluar dari setiap helaian rambut dan menggantinya dengan nutrisi menyehatkan agar rambut tumbuh sehat berkilau. Ada lima cara detoks alami yang bisa Anda tiru di rumah untuk merawat rambut Anda.
Baca juga: 12 Kondisi yang Menyebabkan Rambut Rontok
1. Pilih sampo yang cocok dengan jenis dan kondisi rambut
Seorang penata rambut di New York,  Nunzio Saviano, mengatakan bahwa detoks rambut bisa diawali dengan memilih shampo yang benar. Pilihlah shampo yang mengandung selenium sulfida, asam salisiat atau zinc pyrithione yang bisa membantu mengelupas sel kulit mati di kulit kepala.
Kulit kepala yang sehat dan bersih merupakan salah satu unsur penting dari rambut yang indah dan sehat. Semakin bersih kulit kepala dari kelebihan minyak, debu dan kotoran, semakin sehat juga pertumbuhan rambut Anda.
2. Berhenti pakai alat-alat styling rambut
Banyak orang yang bergantung pada pemakaian alat styling rambut, seperti catokan, hair dryer, dan blow dryer untuk menata rambutnya setiap hari. Meski begitu, panas yang dihantarkan oleh alat-alat ini akan membuat rambut Anda cepat rapuh, kering dan kusam.
Jika Anda ingin melakukan detoks agar rambut lebih sehat, kuat dan berkilau, coba hindari penggunaan alat uap panas yang bisa merusak helai rambut selama beberapa waktu, dan rasakan perubahannya pada rambut Anda.
3. Pakai baking soda
Penggunaan baking soda yang mengandung sodium bikarbonat bisa menjadi salah satu cara detoks rambut yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Kandungan baking soda dipercaya bisa membersihkan sisa-sisa produk kimia yang masih tertinggal di batang rambut.
Cara menggunakan baking soda untuk detok rambut sangatlah mudah. Cukup tambahkan satu sendok makan bubuk baking soda ke dalam shampo yang akan Anda gunakan. Setelahnya usap ke rambut, khususnya batang rambut, lalu gosok dan bilas bersih setelahnya.
4. Pakai minyak zaitun
Sudah banyak diketahui kalau minyak zaitun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk rambut. Ya, detoks rambut bisa Anda lakukan dengan bantuan minyak zaitun yang berfungsi melapisi rambut dengan melembabkan dan melindungi dari kerusakan.
Caranya, panaskan satu sendok makan minyak zaitun hingga hangat, kira-kira panaskan 10-15 detik saja. Kemudian oleskan ke rambut yang masih kering dan tutup dengan penutup kepala yang terbuat dari plastik. Diamkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat dan shampo seperti biasa.
5. Pakai telur
Telur ayam, mengandung kandungan protein dan asam amino yang bisa membantu mengembalikan kekuatan, kilau dan volume rambut Anda. Masker telur juga dapat mencegah rambut bercabang akibat sering dicatok dan terkena uap panas.
Cara memanfaatkan telur sebagai detoksifikasi rambut adalah dengan mencapurkan satu butir telur ke dalam wadah yang berisi shampo. Setelah dicampur, oleskan dan pijat campuran tersebut ke helai demi helai rambut Anda. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.
Sumber : http://lifestyle.kompas.com

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS