Hunian 68

31 May, 2013

Fenomena 10 Jembatan Tertinggi di Dunia


Property Oke - Banyak sekali prestasi besar yang telah di buat oleh manusia,yang memukau mata siapapun yang memandangnya hingga decak kagum tiada henti,salah satunya adalah pembangunan jembatan,
sengaja di buat manusia untuk menunjang aspek ekonomi dan yang lainya.tetapi tak bisa di pungkiri,sebuah karya selalu membawa nama baik bangsa di mana karya itu berada.

Maka lahirlah jembatan-jembatan hebat hingga bisa di sebut fenomenal. Hal ini menunjukkan karya rekayasa terbesar dari ahli yang sangat kompeten di dunia dan juga menyampaikan pesan bahwa apapun tak ada yang mustahil.


1. THE VERRAZANO-NARROWS BRIDGE

Jembatan Verrazano-Narrows adalah sebuah jembatan suspensi dua tingkat yang menghubungkan Borough Staten Island dan Brooklyn di New York City di the Narrows, perairan yang menghubungi teluk hulu yang tertutup dengan teluk hilir.

Jembatan ini dinamai menurut nama penjelajah Italia, Giovanni da Verrazzano, penjelajah Eropa pertama yang diketahui memasuki New York Harbor dan Sungai Hudson, dan perairan yang dilintasinya, The Narrows. Jembatan ini memiliki bentangan tengah sepanjang 4.260 kaki (1,298 m) dan merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia ketika selesai dibangun tahun 1964 sampai dikalahkan oleh Jembatan Humber di Britania Raya pada tahun 1981. Jembatan ini sekarang memiliki bentangan tengah terpanjang ke-8 di dunia dan masih menjadi yang terpanjang di benua Amerika. Menara-menara tingginya dapat dilihat di sebagian besar wilayah metropolitan New York, termasuk dari daerah-daerah di kelima borough New York City. Jembatan ini juga dengan mudah dapat dilihat dari beberapa daerah di New Jersey, termasuk dari Laurence Harbor di Old Bridge Township, New Jersey.




2. LE PONT DE NORMANDIE

Pont de Normandie (atau Jembatan Normandia) merupakan sebuah jembatan jalan kabel yang membentang di sungai Seine menghubungkan Le Havre dengan Honfleur di Normandia, Perancis Utara. Panjangnya 2143.21 m (856 m antara 2 tiang).

Jembatan dirancang oleh Michel Virlogeux. Arsiteknya adalah Fran├žois Doyelle dan Charles Lavigne. Pada waktu itu jembatan ini merupakan jembatan kabel terpanjang di dunia, dan rekor untuk jarak terpanjang antara tiang untuk jembatan kabel. Panjangnya 250 m antara tiang daripada rekor sebelumnya. Rekor ini dikalahkan tahun 1999 oleh Jembatan Tatara di Jepang.

Jalan raya, selebar 23.60 m, terbagi menjadi 4 lajur untuk lalu lintas dan 2 untuk pejalan kaki. Pilonnya, dibuat dari beton, berbentuk Y terbalik. Memiliki berat 20.000 ton dan setinggi 214.77 m. Lebih dari 19.000 ton besi dan 184 kabel digunakan.




3. PENANG BRIDGE / JAMBATAN PULAU PENANG

Jembatan Penang (Jambatan Pulau Pinang dalam bahasa Melayu) adalah sebuah jembatan tol dua jalur yang menghubungkan Bayan Lepas di pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas. Dia resmi dibuka pada 14 September 1985. Panjang keseluruhan jembatan ini sekitar 13,5 km, membuat jembatan ini salah satu jembatan terpanjang di Asia Tenggara dan merupakan sebuah landmark nasional.

Sebelum 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town.

Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau. Tarif sekali jalan adalah 5,6 Ringgit.Pada 2005 ada rencana untuk memperluas lajur dari 4 menjadi 6 untuk melayani lalu lintas yang meningkat.
Spesikasi jembatan.

Panjang rata-rata: 13,5 km.
Panjang di atas air: 8,4 km.
Jalan: 4 jalur (direncanakan akan menjadi 6 jalur)
Ketinggian menara di atas air: 101,5 meter.
Ketinggian jembatan di atas air: 33 meter.
Batas kecepatan: 80 km/jam.




4.TATARA BRIDGE

Sekarang giliran Jepang. Jembatan Tatara yang menghubungkan pulau-pulau Jepang Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari jembatan kabel lain di dunia. Memiliki ketinggian 220 meter (sampai menara baja) dan memiliki pusat rentang 890 meter. Jembatan mengagumkan Jepang ini dibuka pada tahun 1999. Jembatan ini dibangun hanya dalam waktu 6 tahun dengan konstruksi yang mengagumkan seperti ini.




5. THE GOLDEN GATE BRIDGE

Jembatan Golden Gate adalah sebuah jembatan gantung di sepanjang Golden Gate, sebuah bukaan dari Samudra Pasifik ke Teluk San Francisco. Dia menghubungkan kota San Francisco, California di Semenanjung San Francisco dan Kabupaten Marin, California. Panjang jembatan keseluruhan 2.727 m, jarak antara menara adalah 1.280 m, dan ketinggiannya adalah 230 m di atas permukaan air. Menghubungkan Jazirah San Francisco Utara dengan wilayah Kabupaten Marin selatan.




6. THE GREAT BELT FIXED LINK

Great Belt Fixed Link adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara Denmark dan Funen di Great Belt. Jembatan ini merupakan jembatan gantung yang terdiri dari jalan raya dan terowongan kereta api antara Zealand dan pulau Sprog. Jembatan ini memiliki rentang ketiga utama terpanjang di dunia (1,6 km) dan tinggi konstruksi mencapai 254 m.




7. NEW RIVER GORGE BRIDGE



Jembatan besar lain di Amerika adalah New Niver Gorge Bridge, Berketinggian 267 meter diatas sebuah sungai (nama sungainya adalah New River) Lebih dari 17.000 mobil melintasi jembatan itu setiap hari dan dianggap sebagai jembatan kendaraan tertinggi di Amerika. The New River Gorge Bridge adalah jembatan baja terpanjang sebelum Jembatan Millau di Perancis, jembatan ini sekarang juga dipakai untuk olahraga Extreem Rappelling atau base jumping pada waktu Fayette County Festival.






8. AKASHI-KAIKYO BRIDGE




Jembatan Akashi Kaikyo merupakan jembatan type suspension terpanjang didunia dengan main span 1,991 km dan vertical clearance 47 meter. Jembatan ini menghubungkan antara pulau Honshu tepatnya di kota Kobe-Nishi dengan kota Awaji di pulau Awaji yang seterusnya terhubungkan dengan jembatan Ohnaruto Bridge yaitu antara kota Awajishima ( Pulau Awaji ) dengan kota Naruto di pulau Shikoku. Waktu pelaksanaan kontruksi selama 10 tahun dimulai pada tahun 1988 selesai pada 1998.





9. ROYAL GORGE BRIDGE

Jembatan ini berketinggian 321 Meter di atas Sungai Arkansas. Yang merupakan jembatan tertinggi di AS, jembatan gantung tertinggi di dunia. Terletak dekat Canon City, Colorado, Jembatan ini selesai pada tahun 1929, dengan panjang 384 meter,lebar 5 meter dan lebar tergantung dari menara yang tingginya 46 meter. Jembatan ini telah terdaftar dalam Daftar Nasional Tempat Bersejarah dan dibangun terutama untuk tujuan pariwisata.



10.MILLAU VIADUCT

Jembatan Millau (Bahasa Perancis: le Viaduc de Millau) adalah sebuah jembatan jalan bersanggahkan kabel yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis Michel Virlogeux dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan jembatan "vehicular" tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak pada 341 meter (1.118 kaki); sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hanya 40 m (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau dibuka resmi pada 14 Desember 2004 dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.




Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS