Hunian 68

17 November, 2016

12 Kreasi Hiasan Dinding yang Akan Membuatmu Betah Menghabiskan Waktu Seharian di Kamar

        
        Kamar adalah istana buat anak kost atau kamu yang mahasiswa. Dari belajar, mengerjakan skripsi, sampai main game,semuanya dikerjakan di sini. Karena itu, kamar yang nyaman jadi penting buat kita.
Supaya kamarmu tambah nyaman, kenapa nggak membuat hiasan-hiasan dinding ini saja? Mudah kok caranya. Kamu pun tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuatnya. Kita lihat yuk apa saja yang bisa kamu buat! 

1. Kupu-kupu tak hanya ada di taman saja. Sekarang, bersiaplah menyambut serbuan kupu-kupu di kamarmu!


         Dinding putih di kamar memang membuat jenuh pandangan. Nah, sekarang saatnya membuat kamarmu indah seperti taman. Kupu-kupu gak hanya bisa terbang di taman lho, sekarang kupu-kupu bisa mengisi dinding kamarmu agar tampak lebih segar. Cara membuat kupu-kupu kertas juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas karton atau asturo yang cukup tebal dan selotip dua sisi (double tape) sebagai perekat. Pertama, bentuklah pola gambar kupu-kupu di karton, lalu lipat dan pasang perekat di salah satu sisinya. Kemudian pasanglah gambar pada dinding kamar sesuai arah yang kamu suka. Dan biarkan mereka membuat kamarmu menjadi lebih indah.

          Jangan lupa kamu harus memilih warna yang kontras dengan warna dinding kamar, jadi kupu-kupumu juga akan lebih menyala. Gampang kan? Kamu tidak perlu lagi beli hiasan mahal untuk membuat dindingmu lebih enak dipandang.

2. Kalau mau membuat suasana kamarmu serasa di club, saatnya kumpulkan kepingan CD bekas!



        Zaman sekarang, compact disk atau CD adalah barang yang tidak lagi banyak digunakan. Gak jarang kamu bakal punya bertumpuk-tumpuk CD di gudang. Nah, barang ini bisa kamu manfaatkan untuk menghiasi dinding kamarmu lho. Dijamin caranya gampang dan gak pakai ribet.

        Kamu hanya cukup menempelkan CD di dinding dengan menggunakan lem alteco. Tapi pastikan kamu sudah membuat pola tulisan di dinding agar tatanan CDmu tidak berantakan. Kamu bisa memanfaatkan CD ini untuk menulis namamu, kekasihmu, atau tanggal penting bagimu. Ini adalah cara mudah membuat malammu menjadi lebih ceria, karena lapisan film CD akan memantulkan kilau cahaya dengan berbagai gradasi warna. Kamarmu pun menjadi seramai club! :p

3. Bukan tidak mungkin untuk membuat hiasan 3 dimensi dengan kertas karton. Biayanya murah, caranya pun sederhana saja.


  
      Hiasan 3 dimensi bukan tidak mungkin untuk kamu wujudkan didinding kamarmu. Sekarang kamu bisa memanfaatkan kertas karton beraneka warna untuk menghiasi ruanganmu agar lebih atraktif. Caranya tidak ribet kok, cukup gunting-potong-lipat.

      Untuk membuat hiasan 3 dimensi berbentuk hati, pertama kali kamu harus membuat pola gambar hati lebih dulu. Pastikan pangkal gambar hati tidak terlalu lancip, dan sisi samping harus lebar. Lalu jepit pada pangkal hati untuk menciptakan kesan menggembung. Tempelkan pada dinding menggunakan lem. Untuk menciptakan sebuah balon udara 3 dimensi, kamu bisa membuat pola dengan dua sisi sekaligus. Gampang ‘kan?

4. Abadikan bunga pemberian pacar di dindingmu, karena tanda cinta tidak layak dibuang ke tempat sampah begitu saja!


Buang asli mejeng didalam kamar? kenapa enggak? via anonfed.com
        Sebagian besar bunga pemberian pacar seringkali hanya kamu biarkan di kamar sampai kering dan berakhir di tempat sampah. Dari pada layu tanpa kenanga, maka mulai sekarang gak ada salahnya kamu coba mengawetkan semua kenangan dengan menempelkannya di dinding kamar.
         Caranya simple saja kok, kamu hanya perlu merentangkan setiap tangkai bunga di dinding kamar, dan menatanya rapi dengan selotip transparan. Tempelkan setiap tangkai agar “berbaris” seperti tirai yang menempel. Selain untuk mengenang pemberian orang, kamu akan merasakan suasana asri dengan kehadiran hiasan dinding semacam ini. Namun jika kamu ingin bunga tidak menjadi layu, maka kamu bisa beli bunga palsu yang berukuran panjang dan tidak banyak daun, misalnya bunga anggrek. Nah, dengan suasana yang dekat dengan alam, kamu akan merasa betah seharian di rumah!

5. Daripada karton bekas tisu terbuang begitu saja, lebih baik kamu manfaatkan mereka untuk membuat hiasan yang elegan.



Hiasan dari tisu toilet via www.buzzfeed.com
        Tisu toilet adalah salah satu benda yang sering kamu gunakan. Itu artinya kamu juga bakal punya karton bekas yang tidak sedikit jumlahnya. Nah, tisu bekas yang selama ini kamu sia-siakan sebenarnya bisa kamu jadikan hiasan kamar yang elegan lho. Caranya cukup gampang kok, pertama-tama potong karton agar menjadi lebih tipis. Lalu, rangkai terlebih dahulu dengan lem atau selotip bolak-balik agar membentuk pola yang kamu inginkan, misalnya bunga. Setelah itu, oleskan cat pada permukaannya agar warna benda ini menjadi lebih cerah. Kemudian pasang di dinding menggunakan paku ukuran kecil agar tidak mudah jatuh. Jadi deh, maka suasana kamarmu bisa menjadi lebih elegan dan tidak membosankan untuk dipandang!

6. Mau menciptakan nuansa alam di dalam kamar? Manfaatkan botol kaca kecil untuk menghias dindingmu yang tadinya sedikit suram.


Hiasan dari botol kecil via anonfed.com
Kebanyakan dari kita memilih warna polos untuk cat dinding rumah karena dengan begitu dinding akan lebih mudah dihiasi. Namun ujung-ujungnya, kita malah lebih sering hanya mengisinya dan pigura dan jam dinding saja. Padahal kamu bisa membuat hal yang berbeda lho. Sekarang gak ada salahnya kamu manfaatkan botol kaca bekas sirup sebagai tirai yang unik. Jika kamu tidak punya botol bekas, kamu juga bisa membelinya dengan harga yang murah.
Jangan khawatir, caranya cukup mudah kok. Pertama, buka tutup botol yang akan kamu kreasikan, lalu ikatkan mulut botol tersebut dengan tali nilon atau tambang coklat. Satu tali nilon bisa mengikat 5-6 botol bekas. Setelah itu, isilah dengan beraneka macam bunga agar tampak lebih indah. Kalau bosan, kamu bisa ganti dengan pasir pantai dan beberapa kerang kecil yang unik. Dengan hiasan dinding semacam ini, ruanganmu akan terasa lebih alami dan membuatmu tidak mau pergi.

7. Hiasan dinding memang tidak ada matinya! Kertas kue pun bisa jadi hiasan bunga anggrek putih atau sakura.



Hiasan dari tempat roti via www.decoist.com
Seni hiasan dinding memang tidak ada matinya. Salah satu yang paling mudah dan kreatif adalah memanfaatkan kertas pembungkus kue, kertas tutup gelas, dan kertas wadah makanan. Kertas ini bisa kamu buat menjadi seperti bunga-bungaan yang muncul ditembok polosmu. Semua orang pasti bisa melakukannya, karena kamu hanya cukup menempelkan kertas-kertas ini di dinding dengan paku payung warna warni. Jika susah untuk mendapatkan paku payung yang berwarna cerah, manfaatkan saja cat kuku untuk mewarnai kertas-kertasmu. Tak perlu ragu mencoba teknik ini, karena selain mudah, bahan yang kamu butuhkan juga murah!

8. Memasang foto di dinding tak harus dengan pigura. Hasilnya tak akan kalah indah jika kamu bisa menatanya dengan pola.



Pasang fotomu dengan cara begini biar lebih indah via homesthetics.net
Foto adalah benda yang sering mengisi bagian di dinding rumah. Kerapkali kamu juga perlu mengeluarkan uang untuk membeli figura. Nah, sekarang saatnya kamu simpan uangmu, dan pasang fotomu dengan apik hanya menggunakan pola. Siapkan beberapa foto favoritmu yang akan kamu pajang. Lalu bentuklah pola kasar di dinding — misalnya bentuk hati. Kemudian, pasang foto favoritmu sesuai pola yang kamu tentukan. Tanpa perlu banyak uang, memasang foto seperti ini juga akan menarik perhatian lho! 

9. Lilin adalah cara mudah membuat romantis suasana kamar. Pastikan saja, lilinmu menyala di tempat yang tak mudah terbakar.



Gunakan kaleng bekasmu untuk hiasan dinding via www.howtoinstructions.org
Membuat suasana yang romantis dengan menggunakan lilin memang bukan hal yang asing. Tapi terlalu mainstreamketika kamu sekadar menyalakan lilin di atas meja. Lagipula, itu romantis atau mati lampu?
Nah, jika kamu ingin membuat suasana yang berbeda, maka gak ada salahnya menjajal untuk memasang lilin di tembokmu dengan menggunakan kaleng bekas. Kamu bisa memanfaatkan semisal kaleng bekas kornet. Caranya juga praktis kok.
Pertama, cuci bersih kaleng yang akan kamu gunakan, lalu siapkan kertas kado untuk melapisi luaran kaleng agar terlihat lebih menarik. Setelah itu, ikat setiap kaleng dengan tali dan gantungkan di hanger yang berbahan kuat. Jangan gunakan hanger yang berbahan besi ya, karena hanger jenis ini sangat mudah patah atau melengkung. Setelah itu, pasang setiap kaleng pada posisi yang berbeda. Lalu masukan lilin yang ada wadahnya pada masing-masing kaleng. Jadi deh, dijamin ruanganmu akan lebih romantis tanpa harus ada banyak lampu. Jika kamu merencanakan usaha kafe, maka nuansa cahaya seperti ini pasti bisa membuat nyaman para pelanggan.

10. Saat kecil dulu, mungkin kamu sering membuat kipas dari kertas. Mengapa setelah dewasa kamu tak lagi membuatnya?



Manfaatkan kertas bekasmu menjadi hiasan dinding yang tak kalah keren via jenniferrana.com
Majalah edisi lama memang selalu menjadi sampah kertas yang selalu memenuhi isi rak. Sudah dibaca tapi dibuang juga sayang. Sekarang gak ada salahnya untuk memanfaatkan kertas majalah menjadi hiasan dinding yang tak kalah indah dengan ukiran. Caranya sangat mudah untuk diterapkan. Pertama-tama, lipatkan kertas majalah membentuk kipas. Lalu satukan masing-masing kipas agar hingga membentuk lingkaran. Tapi pastikan tempelan antar kipas jangan terlalu renggang ya. Lalu tempelkan pada dinding menggunakan lem. Atau jika kamu ingin memberikan kesan saling tindih, maka pasang menggunakan paku. Nah, buatlah beberapa jenis ukuran agar tampak lebih indah saat dipasang bersama-sama. Gampang ‘kan? Nah, caranya yang mudah seharusnya tidak menjadi halangan untuk kamu mencobanya ya.

11. Suasana alam dan tumbuhan memang selalu menyejukkan. Maka memasang botol kaca untuk menanam di dinding rumah adalah cara untuk menghidupkan suasana.


Menanam di dinding? kanapa gak? via anonfed.com
Satu lagi hiasan dinding yang patut kamu coba untuk membuat suasana baru, yaitu dengan memanfaatkan botol kaca untuk menanam. Pertama-tama, kamu cuci bersih botol yang akan kamu gunakan. Lalu pasang setiap botol menggunakan pengait dan sekrup pada papan kayu agar lebih kuat. Kamu bisa mendapatkan bahan tersebut di toko bangunan kok. Nah, setelah itu, kamu tinggal isi botol dengan tanah gambut dan tanami semisal bunga Torenia. Setelah beberapa waktu, biarkan dia berbunga indah di dinding rumahmu. Sederhana, kan? dengan hiasan dinding seperti ini, rumahmu bisa menjadi lebih asri!

12. Hiasan indah itu gak perlu mahal kok. Hanya dengan belitan benang, dindingmu bisa berubah jadi mempesona.



Benang juga bisa untuk membuat hiasan lho via www.buzzfeed.com
Hiasan dinding selain foto dan jam dinding, mungkin kamu akan lebih memilih lukisan. Nah, daripada kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli lukisan. Jadi coba saja untuk membuat karya yang tidak kalah indahnya dengan lukisan mahal. Kamu hanya perlu benang, jarum dan papan kayu untuk membuatnya. Awalnya hal yang kamu perlu siapkan adalah papan kayu, gabus atau steroform. Lalu cat dengan warna sesukamu. Setelah itu, buatlah pola dengan menggunakan jarum.
Namun jika kayu yang kamu gunakan cukup tebal, pakailah paku. Setelah itu siapkan benang dengan warna kontras, lalu ikat pada salah satu jarum. Untuk membuat hiasan, kamu bisa menarik benang ke segala arah hubungan pada setiap jarum yang ada pada pola. Lakukan secara berulang-ulang dengan tidak beraturan. Setelah sudah cukup tebal, kuncilah ujung benang dengan mengikatnya. Pastian tarikanmu cukup kencang ya, agar hiasan benangmu juga lebih rapi untuk dipandang. Menarik ‘kan? Tunggu apalagi siapkan bahan dan hiasi dinding kamarmu dengan karya sendiri.
Ruangan dengan hiasan yang menarik pandangan akan membuatmu betah di kamar seharian. Maka, sekarang saatnya kamu mulai mengisi dinding kamarmu dengan hal-hal yang istimewa. Gak perlu barang mahal, karena kamu bisa memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar!
Nah, sudah ada pilihan akan menghias dinding kamarmu menjadi seperti apa? Pastikan ruanganmu akan menjadi lebih menyenangkan dengan hiasan simple yang di berikan, ya. Selamat mencoba, semoga berhasil.


0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS