Hunian 68

02 July, 2013

Wow!!! Vietnam Ingin Berguru Cara Menambang ke Indonesia



Property Oke - Vietnam ingin belajar cara menambang ke Indonesia. Itulah salah satu tujuan dari kesepakatan kerja sama antara Kementerian Energi Vietnam dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 

"Mereka masih mau belajar banyak dari Indonesia bagaimana mengelola tambang, terutama batu bara," kata Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo di kantornya. Susilo hari ini memang melakukan penandatanganan MoU bidang energi dengan Deputi Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam HE. Mr. Nguyen Cam Tu. 

Selain belajar menambang batu bara, Vietnam bersama Indonesia juga sepakat bekerja sama dalam hal eksplorasi dan pengembangan, investasi dan perdagangan, riset, capacity building, dan rencana strategis antar kedua negara. 

"Tadi saya tawarkan juga di kementerian kita punya badiklat yang melatih ribuan pegawai-pegawai kita. Kalau berminat untuk mengirimkan staf-staf dari sana untuk belajar di Indonesia, boleh," Susilo menambahkan. 

Kesepakatan hari ini merupakan lanjutan dari Menteri Industri dan Perdagangan Vietnam ke Indonesia pada 17 September 2012. Sebelumnya Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dengan Menlu Vietnam telah menandatangani Plan of Action (PoA) RI-Vietnam periode 2012-2015. Diharapkan dengan rangkaian kesepakatan ini dapat meningkatkan kerja sama kedua negara. 

Vietnam kini memang terus tumbuh, termasuk di bidang energi dan merupakan negara potensial sebagai pemasok gas alam di masa mendatang. Saat ini Vietnam juga tercatat sebagai salah satu pemasok minyak untuk pasar regional. (Op-WEP/KESDM)


Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS