Hunian 68

24 February, 2014

TIPS MENJAGA DAPUR TETAP BERSIH



Tips Menjaga Dapur Tetap Bersih



Dapur merupakan tempat yang dipergunakan untuk memproduksi berbagai makanan dan minuman yang disajikan. Apabila dapur kotor, bau dan terlihat kumuh serta berantakan maka akan berpengaruh terhadap tingkat higienis dari sebuah masakan yang dikonsumsi. Semua peralatan masak, meja dan juga tempat-tempat disimpannya peralatan masak tersebut harus selalu bersih dan terhindar dari kuman serta bakteri. Dapur yang kotor akan membuat makanan menjadi tidak sehat dan juga menjadi wabah penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu harus selalu diperhatikan kebersihannya.

Berikut tips sederhana untuk menjaga dapur tetap bersih dan aman.

1.   Sediakan tak hanya satu lap didapur.Minimal ada tiga buah lap yang dibutuhkan didapur. Pertama lap untuk membersihkan meja, kedua lap untuk mengeringkan dan membersihkan piring, sendok, gelas dan garfu setelah dicuci. Serta yang ketiga lap untuk  mengangkat wajan yang panas setelah selesai memasak.  Hal ini bertujuan  agar lap piring, gelas, sendok dan garpu selalu terjaga kebersihannya.
2.  Baik sebelum dan sesudah kita masak kita harus selalu membersihkan meja dapur. Hal ini dilakukan untuk mencegah tumbuhnya kuman dan jamur yang bersarang dimeja.Serta  mengurangi munculnya semut-semut  yang muncul dan hinggap dalam makanan.
3. Segera mencuci peralatan masak setelah digunakan. Tidak diperbolehkan membiarkan peralatan dapur tersebut tetap kotor, karena akan menyebabkan bersarangnya kuman-kuman dan melekatnya sisa-sisa masakan pada alat-alat dapur.
4.  Disarankan untuk mengunakan tempat sampah yang memiliki tutup.Hal ini dimaksudkan agar bau sampah tidak keluar, dan juga menjaga agar tidak ada lalat yang bersarang dan hinggap disana. Cucilah tempat sampah minimal seminggu sekali dengan menggunakan  pemutih pakaian agar bersih dari kuman.
5.  Buang sampah keluar rumah setiap hari terutama diwaktu malam hari.untuk menghindari penumpukan sampah yang mengundang bau tidak sedap.
6.Selain itu, sink/ bak tempat mencuci juga perlu diperhatikan kebersihannya.Cucilah bak tersebut setiap hari agar tetap bersih ketika mencuci peralatan masak.
7.  Bersihkan pula kompor dengan menggunakan spons cuci piring setiap hari  setelah memasak dengan banyak tumpahan. Hal ini harus rutin dilakukan setelah selesai memasak.
8.  Bersihkan pula  kulkas/lemari pendingin minimal  seminggu sekali.Dalam membersihkan kulkas kita perlu menggunakan spons cuci piring dengan sedikit sabun cuci agar lemari pendingin senantiasa harum.
9.  Sediakan tempat  untuk menyimpan banyak benda tajam seperti pisau, parutan, dan alat masak  tajam lainnya. Sebisa mungkin buatlah gantungan untuk benda-benda tajam ini agar sulit dijangkau oleh anak  kecil.
10. Sapu dan Pel lantai dapur setiap harinya agar apabila ada makanan yang jatuh ke lantai tetap bersih dan aman untuk dikonsumsi.
Demikianlah tips agar menjaga dapur tetap bersih dan aman, semoga dapat bermanfaat

SALAM OKE

Sumber : ILMCI kuliner

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS