Hunian 68

13 January, 2017

Yuk, Intip Kerasnya Pendidikan Pramugari Maskapai Tiongkok

Jika kamu pernah berpergian ke luar negeri khususnya Cina, kemungkinan besar kamu akan naik pesawat maskapai asal negeri tirai bambu. Sama seperti maskapai penerbangan pada umumnya, maskapai Cina pun memiliki pramugari yang cantik. Mereka siap melayani penumpang selama perjalanan. Meski terlihat mudah pekerjaannya, ternyata proses pendidikan menjadi pramugari tidaklah mudah loh. Apalagi pramugari penerbangan Cina.
Semua pramugari yang bekerja pada maskapai penerbangan Cina harus melewati masa pendidikan di College of Civil Aviation di Chengdu, Provinsi Sichuan. Bayangkan saja, untuk melatih senyum, mereka harus mengigit sumpit bambu sambil melebarkan bibir. Di saat yang sama pelatih akan meletakkan majalah di atas kepala mereka. Supaya majalah itu tidak jatuh, sikap berdiri harus tegak sempurna.
Bukan hanya itu, para pelatih juga meletakkan satu botol kaca berisi air yang diletakkan di atas kepala mereka. Para calon pramugari ini harus bisa menahannya agar tidak jatuh selama lebih kurang tiga menit.
Untuk memastikan posisi berdiri mereka tepat, para pelatih menyelipkan selembar kertas tipis di antara kedua kaki pramugari. Kertas itu harus dijepit dan dijaga agar tidak terlepas selama beberapa menit. Pelatihan ini bukan hanya berlaku pada pramugari tapi juga pada pramugara dengan tingkat disiplin yang ketat.
Bukan hanya diajari berperilaku senyum dan santun, calon pramugari ini juga mendapatkan kelas bela diri. Biasanya mereka dilatih beragam kemampuan pertahanan diri seperti Kung Fu atau Taekwondo. Kadang pelatihan bela diri ini lebih menyerupai pelatihan militer dibandingkan perekrutan pramugari.
Pelatihan bela diri ini dianggap penting untuk menanggulangi kejadian tak diinginkan di dalam kabin pesawat seperti terorisme dan tindak kejahatan lainnya. Mereka harus menjadi awak pertama yang bertugas menetralisir keadaan bila ada kejahatan di dalam pesawat.
Tuh kan lumayan keras dan disiplin ya latihan mereka. Jadi, jangan anggap remeh profesi pramugari ya!
Sumber: Brightside

Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS