Hunian 68

05 April, 2017

10 Alasan Mengapa Jadi Guru Adalah Profesi Terbaik yang Pernah Ada


Setiap 5 Oktober seluruh dunia memperingati hari guru sedunia. Hari ini sengaja ditetapkan oleh UNESCO sebagai bentuk penghargaan atas jasa para guru di seluruh dunia, terutama mereka yang pernah jadi inspirasi bagi murid-muridnya.
Guru bukan hanya sebuah pekerjaan semata. Lebih dari itu guru sangat dekat dengan kata pengabdian. Pengabdian pada siapa? hal yang terutama tentu mengabdi bagi murid-muridnya. Seperti pesan yang selalu disampaikan Ki Hajar Dewantara ketika mendirikan Taman Siswa. Tugas guru adalah mengabdi pada muridnya.
Oleh karena itu jangan pernah sekalipun meremehkan profesi seorang guru. Berikut kami berikan 10 alasan mengapa guru bisa menjadi profesi terbaik yang pernah ada.
1. Menjadi guru berarti memberikan perbedaan besar pada kehidupan anak-anak. Kamu mungkin tidak akan sadar berapa banyak anak-anak telah mengambil nasihat dan ucapan mu sebagai kebijaksanaan. Mereka akan terus mengingat itu di dalam alam bawah sadar mereka. 
2. Menjadi guru berarti memiliki kesempatan untuk terus menerus belajar keterampilan baru. Saat datang ke sebuah sekolah kamu mungkin adalah seorang guru matematika namun ada masanya kamu akan bekerja sekaligus sebagai pembimbing konseling, belajar soal seni, hingga menemani murid berolahraga.
3. Tidak ada satupun dalam hari mu yang sama. 
4. Bergaul dengan murid sepanjang hari membuat kamu tampak muda. Kamu akan belajar dari mereka mengenai budaya dan tren terbaru mengenai kosakata, fesyen dan musik.
5. Guru menjadi panutan. Orang akan selalu meminta saran dan bimbingan dari seorang guru. Itulah mengapa profesi ini memegang tanggung jawab besar.
6. Seorang guru membangun hubungan yang positif dengan siswa, kolega, orang tua, dan masyarakat luas.
7. Melihat keberhasilan murid adalah kepuasan yang tak ternilai. Ia lebih dari sekedar nilai gaji mana pun di dunia ini.
8. Hiruk pikuk di kelas, suara tawa, suara berisik karena debat dan pertanyaan, suara gembira ketika jam kelas sudah bubar adalah energi yang bisa kamu dapat setiap harinya. Di sanalah kamu menemukan banyak cinta dari murid-murid mu.
9. Ketika pekerjaan rumah diberikan pada murid dan mereka mulai mengeluh, saat itulah kemampuan mu diuji. Kelak saat mereka paham mengapa pekerjaan rumah itu penting diberikan, saat itulah kebahagiaan kembali datang pada mu.


10. Menjadi guru bukanlah sembarang profesi bisa. Itu adalah salah satu cara untuk mengubah dunia jadi lebih baik.
Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS