Hunian 68

13 December, 2012

Ini Dia Bangunan yang Menari !


PropertyKita: Tak hanya manusia yang dapat meliuk-liuk layaknya gerakan tari, bangunan pun dapat dibangun serupa. Tengok saja The Dancing House (Rumah Berdansa) yang merupakan salah satu bangunan yang unik yang mulai dibangun pada tahun 1994 dan baru selesai pada tahun 1996.

Bangunan yang terletak di Kota Prague, Republik Ceko, ini didesain oleh arsitek kelahiran Kroasia, Vlado Milunic, bekerja sama dengan arsitek dari Kanada, Frank Gehry. Sementara bagian dalam gedung ini sebagian dirancang oleh arsitek London asal Ceko, Eva Jiricna.
Desain gedung futuristik yang aslinya bernama “Fred and Ginger” (mencerminkan wanita dan pria, Ginger Rogers dan Fred Astair,  menari bersama-sama) ini berada di sudut Jirasek Square dan Rasin Quay di samping Sungai Vltava, serta di antara gedung Neo-Baroque, Neo-Gothic, dan Art Nouveau yang sangat terkenal di Prague. Sebagian besar kantor-kantor terletak di bangunan yang berlantai sembilan ini. Sementara itu sebuah restoran Prancis dengan pemandangan indah di atas Praha terletak di bagian atasnya.
Konstruksi bangunan yang memiliki kubah logam ini terdiri atas 99 panel beton yang masing-masing bentuknya berbeda, sehingga membutuhkan bentuk kayu yang unik pula. Meski pada mulanya menimbulkan kritik dan perdebatan karena tidak mengikuti bangunan yang berstruktur teratur di sekelilingnya, namun akhirnya bangunan ini dapat diterima oleh masyarakat setempat.
Bahkan, bangunan ini juga diketahui sempat menggondol penghargaan desain dari majalah Time, Amerika, pada tahun 1996. Hingga akhirnya, pada tahun 2005 Bank Nasional Ceko pun turut memberi penghargaan dengan mengeluarkan koin emas bermotif Dancing House.

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS