Hunian 68

06 December, 2016

6 Fakta Menarik Tentang Paten dan Hak Kekayaan Intelektual

Setiap tanggal 26 April seluruh dunia merayakan momentum penting dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, sastra dan segala hal yang dihasilkan dari intelektualitas seseorang. Yup, orang lebih mengenalnya dengan hari Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Sedunia.
HKI atau dalam bahasa Jermannya disebut, Geistiges Eigentum pertama kali diperkenalkan pada 1790 oleh Fichte. Sejak saat itu banyak ilmuwan, sastrawan, dan orang-orang hebat yang berhasil menelurkan sebuah karya dalam hidupnya, mendaftarkan pada HKI atau Intellectual Property (IP).
Tujuannya agar hak mereka mendapatkan keuntungan materi dari karya mereka dapat terlindungi. Selain itu, mendaftarkan karya ke HKI akan mempermudah skema pengarsipan dan proses dokumentasi.
Sepanjang sejarahnya, HKI sudah mencatat bermacam karya menarik hasil olahan intelektual manusia. Nah, dalam rangka merayakan hari HKI sedunia, ahloo mau mengajak kamu melihat beragam fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui mengenai HKI, figur intelektual, serta karya yang mereka buat.
1. Pemegang Hak Paten Terbanyak
Ilmuwan asal Jepang, Yoshiro Nakamatsu kini tercatat sebagai pemegang paten terbanyak di dunia. Lebih dari 4.000 hak paten telah ia raih. Nakamatsu berhasil mengalahkan ilmuwan-ilmuwan dunia seperti Thomas Alva Edison yang hanya meraih 1.093 hak paten. Nakatmasu berhasil membuat temuan pertamanya pada usia 5 tahun saat ia menciptakan penyeimbang berat pada pesawat kertas agar dapat terbang lebih jauh.
2. Pemegang Paten Termuda
Samuel Thomas Houghton seorang anak usia lima tahun asal Inggris pada 2008 tercatat sebagai penemu termuda di dunia yang mematenkan hasil temuannya, Sapu dengan Dua Kepala. Aplikasi temuan Sam ini terbilang sederhana namun mampu menjadi inovasi yang mungkin tidak dipikirkan orang banyak. Sam menggabungkan dua kepala sapu berbeda dalam satu alat setelah melihat sang ayah menyapu halaman dengan dua gagang sapu yang berbeda.
3. Pencuri 50 Juta Artikel Jurnal Ilmiah
Alexandra Elbakyan bisa dibilang punya nyali besar dan cukup berani. Wanita asal Kazakhstan ini mengumpulkan 50 juta artikel ilmiah dalam sebuah website yang bisa diunduh secara gratis. Seluruh artikel itu jika dipublikasikan secara komersil nilainya bisa mencapai US$10 miliar. Alexandra beralasan, untuk kepentingan pendidikan, sebuah artikel ilmiah tak semestinya diperjualbelikan.
4. Menolak Pematenan Karya
Penemu vaksin polio, Jonas Salk bisa dibilang jadi salah satu ilmuwan berhati mulia yang pernah hidup. Jonas menolak mematenkan temuannya, Vaksin Polio. Saat itu, Jonas dengan mengatakan untuk apa mematenkan? Apakah kalian dapat mematenkan matahari? Temua Jonas benar-benar mengubah dunia karena berhasil menyelamatkan ratusan ribu anak yang berpotensi terserang polio.
5. Hak Paten di Bidang Penerbangan
BJ Habibie jadi salah satu anak bangsa yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Mantan presiden ke III itu sampai saat tercatat sebagai pemegang paten terbanyak (46) dalam bidang teknologi penerbangan. Salah satu pesawat rancangannya yang terkenal adalah Pesawat N250 Gatot Kaca.
6. Pasangan Ilmuwan di Bidang Radioaktif
Marie Curie dan suaminya, Pierre dikenal memiliki perhatian besar pada penelitian soal radioaktif. Sang istri, Marie bahkan jadi orang pertama yang berhasil memenangkan hadiah nobel dua kali di bidang Fisika. Meskipun jenius, kedua pasangan ini tak mau mematenkan semua hasil pemikiran mereka. Marie dan Pierre tetap hidup dalam kesederhanaan. Menurut mereka tak ada yang perlu disembunyikan dari dunia jika itu untuk kepentingan kemanusiaan.
Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS