Hunian 68

21 December, 2013

Ini Akibatnya Jika Kurang Tidur



Tidur merupakan hal yang sangat penting. Orang dewasa diharuskan tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya. Center for Disease Control (CDC) pada tahun 2011, menemukan bahwa lebih dari 70 juta orang dewasa menderita beberapa bentuk gangguan tidur, seperti insomnia, narkolepsi, sleep apnea, dan sindrom kaki gelisah. Tak hanya itu saja, melewatkan atau kurang waktu tidur juga akan mengakibatkan empat hal berikut ini.
1. Anda akan menjadi depresi.
Dilansir dari Huffingtonpost, hal pertama yang terjadi ketika Anda melewatkan tidur adalah depresi. Hubungan ini memang rumit, kurang tidur dapat menjadi penyebab dan akibat dari depresi. Sebuah penelitian menunjukkan, pengembangan depresi tertinggi ada pada orang-orang dengan gangguan tidur.

2. Anda bisa mengalami kelumpuhan tidur
Sleep paralysis atau kelumpuhan tidur sering digambarkan sebagai “mimpi buruk yang berjalan”. Hal itu terjadi karena adanya gangguan rapid eye movement (REM) yang pada gilirannya disebabkan oleh insomnia, stres dan kecemasan.

3. Berat badan Anda bisa bertambah
Tidur berkaitan dengan tiga hormon yang mengontrol rasa lapar. Yang pertama adalah kortisol, hormon yang juga dapat membuat kita terlihat sembab, mengganggu kadar glukosa, dan membuat moody.  Lalu hormon ghrelin dan leptin.

4. Sistem kekebalan tubuh Anda akan menurun
JAMA Internal Medicine melaporkan sebuah penelitian dengan memberikan virus badak kepada 300 orang. Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7,5 jam jauh lebih rentan untuk merespons sesuatu.

sumber: REPUBLIKA.CO.ID
Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS