Hunian 68

16 December, 2013

Cara Otak 'Perintah' Tubuh Melakukan Banyak Hal



Setiap hari manusia mengerjakan tugas berbeda-beda. Di sini otak berperan penting. Peneliti menjelaskan bagaimana otak bisa melakukan semua ini.
Seperti tercatat dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology menyebut bahwa otak menjaga keseimbangan antara kemampuan menyesuaikan diri atau plastisitas, juga stabilitas.
Otak terdiri dari miliaran neuron yang saling berhubungan. Setiap neuron, rata-rata terhubung dengan 10 ribu neuron lainnya. Neuron terus berubah membentuk pola-pola baru atau memperkuat yang sudah ada. Plastisitas ini yang memungkinkan kita untuk mempelajari tugas baru.
Meskipun tidak semua koneksi akan relevan untuk tugas tersebut, otak terus berusaha mengeksplorasi cara-cara baru untuk mencapai tujuan.
Ketika bermain golf pertama kali misalnya, pemain gagal memasukkan bola ke dalam lubang. Di sini neuron akan mencari alternatif dengan membentuk sirkuit baru agar tujuan tercapai.
“Otak selalu berusaha untuk menemukan konfigurasi yang menyeimbangkan segalanya, sehingga Anda dapat melakukan banyak tugas. Otak menjelajah semua cara yang berbeda agar tugas selesai,” kata Robert Ajemian, ilmuwan yang juga peneliti dari Massachusetts Institute of Technology seperti dikutip Medical News Today.
Teori ini hanya bekerja dengan baik jika seseorang mempelajari satu keterampilan. Bila sedang mencoba menguasai lebih dari satu hal sekaligus, keterampilan yang dipelajari sebelumnya akan terganggu. Namun beberapa ketrampilan seperti naik sepeda, tidak mudah dilupakan karena saraf tidak tertumpang tindih.
“Ketika Anda telah belajar sesuatu, jika saraf tidak tumpang tindih atau bersinggungan dengan keterampilan lain, Anda dapat lupa tapi itu terjadi begitu lambat karena pada dasarnya keterampilan itu bersifat permanen, ” lanjut Ajemian.

Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS