Hunian 68

05 December, 2013

Tips Agar Berhasil Bangun Pagi



Bangun pagi memang sangat baik bagi kesehatan. Tetapi kebanyakan dari kita pasti susah sekali untuk bangun pagi. Padahal pagi hari adalah saat yang baik untuk memulai semua kegiatan. Nah, pengen tahu agar bisa bangun pagi lebih awal?

1. Tidurlah lebih Awal
Ini adalah cara paling mudah dan merupakan penyebab utama mengapa banyak orang susah bangun pagi. Yakni karena kurangnya tidur, tentunya kurang tidur akan membuatmu susah bangun pagi dan kalaupun bangun pagi, kamu akan lebih lelah.

2. Jauhkan Alarm
Alarm memang bertujuan untuk membangunkan kamu. Tapi jika diletakkan di sampingmu dan terus di-snooze sampai mati, maka alarm sekarang bertujuan untuk hanya mengganggu. Oleh karena itu letakkanlah alarm di tempat yang srategis dan jauh.

3. Gunakan Beberapa Alarm
Ini adalah alternatif lain jika kamu tidak ingin meletakkan alarm jauh dari kamu. Gunakanlah beberapa alarm untuk membantu alarm lainnya yang dekat dengan kamu. Aturlah agar alarm lainnya berbunyi 5 menit setelah alarm lainnya.

4. Letakkan Handuk Basah Dekat Dengan Kamu
Sudah menjadi rahasia umum, air yang dingin adalah cara membangunkan yang sangat efektif karena rasa kagetnya. Kamu tidak perlu sampai disiram air, hanya siapkanlah handuk basah yang sudah disiapkan sebelum kamu tidur, dan begitu alarm berbunyi kamu dapat meletakkan handuk basah tersebut ke mukamu.

5. Kencangkan Suara Alarm
Suara yang sangat kencang adalah cara yang baik untuk membuat diri terbagun dari tidur. Kamu juga dapat mencoba mengatur agar alarm berada di volume paling besar.

6. Biarkan Sinar Matahari Masuk dari Jendela
Jika ruangan kamarmu memiliki jendela, aturlah agar sinar matahari dapat masuk melalui jendela tersebut di pagi hari. Pada saat itu, cahaya alami dari matahari akan mengirimkan sinyal ke otak untuk memacu hormon yang akan membangunkan kamu. Kamu juga dapat menggunakan alarm yang memberikan cahaya terang.

7. Cium Sesuatu yang Memberikan Energi
Mencium sesuatu yang memberikan energi seperti garam telah dibuktikan berhasil membangunkan orang-orang selama bertahun-tahun. Yang dimaksud energi di sini bukanlah harus sesuatu yang bau, tetapi mungkin wangi yang kamu suka atau dapat memotivasi kamu untuk bangun.

8. Makan Sesuatu
Sama halnya dengan makan di pagi hari yang membutuhkan kesadaran, makan juga akan memotivasi kamu untuk bangun. Letakkanlah makanan kecil seperti permen di sampingmu, lebih baik jika makanan keci itu memiliki karbohidrat di dalamnya karena pada saat kamu tidur, tingkat gula darah kamu menurun.

9. Latih Dirimu
Daripada memaksa diri untuk bangun, lebih baik latih diri untuk secara instan bereaksi dengan melatih hal tersebut setiap kamu bangun. Pada siang hari, matikan semua lampu dan praktekkan begitu alarm berbunyi, kamu langsung bangun.

10. Jangan Minum Kafein Sebelum Tidur
Seperti yang telah diketahui secara umum, kafein akan memberikan kamu rasa lebih segar dan mencegah ngantuk. Jika kamu meminumnya sebelum tidur, maka tidurmu juga tidak akan terasa nyenyak karena untu tidur nyenyak, kamu membutuhkan waktu lebih lama.
Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS