Hunian 68

16 December, 2013

Jadi Wanita Jangan Terlalu Sering Lembur



Bekerja keras demi apapun itu, entah prestasi atau juga uang, tetaplah harus tahu waktu. Memang sih sekarang tak ada batasan untuk jam kerja wanita, sekalipun pulang larut malam sepertinya sudah jadi hal yang biasa. Tetapi pernahkah dipikirkan dari sisi lain, dari sisi kesehatan dan psikis misalnya?
Bekerja selalu lembur bisa jadi terlihat normal, apalagi di kota besar. Namun efeknya lebih banyak negatifnya bagi kesehatan dan perkembangan jiwa. Coba saja hitung, berapa lama Anda bekerja dalam seminggu. Bandingkan dengan waktu istirahat, waktu untuk melakukan hal yang Anda suka, dan kondisi kesehatan Anda.
INI FAKTANYA!
  • Faktanya, seperti dikutip dari Sheknows, wanita yang bekerja lebih dari 10 jam setiap harinya cenderung punya 60% resiko yang lebih besar terserang penyakit jantung. Kelelahan dan kondisi fisik yang mudah sekali sakit, mempengaruhi seluruh bagian tubuh, termasuk jantung.
  • Selain itu, stress tinggi juga dapat memicu penyakit kanker pada wanita, terutama kanker payudara. Para ilmuwan mengatakan bahwa stres dan gaya hidup saat ini jauh menyumbangkan resiko terserang kanker payudara ketimbang gen.
  • Seharusnya seseorang membutuhkan jam tidur selama 8 jam setiap harinya. Nyatanya, banyak orang yang saking sibuknya malah tidur setidaknya 3-5 jam maksimal sehari.
  • Kurang tidur, kurang istirahat dan sering overtime menyebabkan emosi jadi sulit dikendalikan, mudah frustasi, tidak sabaran dan sering gugup.
  • Alhasil, karena seringkali overtime, akhirnya aspek kesehatan, kebahagiaan dan pekerjaan sendiri malah terganggu. Terlalu lelah juga akan membuat hasil kerja jadi berkurang kualitasnya.
Bagaimana cara mengatasinya?
  • Amy Jo Martin, CEO Digital Royalty dan pakar kesehatan mengatakan bahwa Anda harus bisa memanage waktu dengan sangat baik. Setidaknya apabila jadwal Anda sangat padat, sisihkan 8 menit saja untuk merasa rileks dan berbaring nyaman di ruangan kantor.
  • Atau nikmati segelas teh hangat sambil melihat tanaman atau pemandangan di luar kantor. Ditambah dengan mendengarkan alunan musik yang menenangkan juga semakin ok. Yang penting buat agar diri menjadi rileks sehingga stress dapat ditendang keluar.
  • Ide lain dari Amy adalah bepergian sejenak keluar kantor selama 8 menit berjalan kaki. Dalam waktu singkat ini Anda bisa membuat tubuh dan pikiran jauh lebih rileks dan fresh.
  • Mengikuti latihan yoga. Setidaknya yoga dapat membantu Anda mengatur aliran nafas dan mengendalikan tubuh karena yoga dapat membuat Anda rileks serta sadar akan tubuh Anda.
  • Miliki me time, di mana Anda bisa benar-benar rileks dan menikmati istirahat tanpa memikirkan pekerjaan.
  • Atur kembali waktu Anda, sehingga tidak harus setiap hari lembur dan mendapatkan istirahat yang cukup.
Bagaimanapun, kesehatan dan kondisi tubuh Anda jauh lebih penting untuk mendukung pekerjaan Anda lho. Jadi, jangan sepelekan jam lembur itu ya.

sumber: vemale.com
Menurut Anda:

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS