Hunian 68

30 December, 2013

teknik membangun rumah



Rumah sangatlah penting bagi setiap orang apalagi bagi pasangan suami istri yang baru menikah, gak mungkin mereka akan lama-lama hidup satu rumah dengan sang mertua. Tidak jarang jika banyak dari mereka yang mulai merencakan memiliki rumah setelah beberapa bulan menikah bahkan ada yang sudah merencanakan jauh-jauh hari sebelum mereka menikah dan berumah tangga,misalnya pada waktu  mereka masih lajang sudah ikut program KpR yang di usung oleh kantor-kantor tempat mereka bekerja atau didunia perbankan.
Seseorang yang sudah merencanakan masa depan mereka disaat muda atau dimasa lajang mereka termasuk orang-orang yang  hebat dan peduli.
Nah, bagaimana teknik dalam membangun sebuah rumah?
Ada beberapa teknik dalam membangun sebuah rumah idaman anda agar menjadi istana impian anda.
Pertama-tama, anda harus memastikan apakah anda sudah mempunyai sebidang tanah yang mau dibangun sebuah rumah atau belum, beruntung jika anda sudah mempunyai sebidang tanah berarti anda sedikit bernafas lega, pasalnya harga sebidang tanah sangat mahal apalagi kalo tinggal diperkotaan besar 1 m2 aja sampai jutaan rupiah. Tapi jika anda belum memilikinya anda harus membelinya terlebih dahulu dan itu berarti menambah pengeluaran dan beban anda.
Langkah kedua, anda diharuskan membuat dulu sketsa gambarnya atau konsep sebuah rumah (desain rumah) yang anda inginkan, hal ini dimaksudkan agar anda tahu bagaimana bentuk dan ukuran  rumah yang mau anda bangun. Konsep ini sangatlah penting karena hal ini yang akan menentukan interior maupun eksterior sebuah rumah dan dari gambar ini kita juga bisa menghitung berapa besar biaya yang harus kita keluarkan untuk membangun sebuah rumah. Dalam membuat sebuah desain rumah anda bisa menggambarnya sendiri atau memakai jasa pendesain yang biasa disebut Arsitek tapi ini membutuhkan biaya juga.
Bagi orang yang ingin rumahnya terlihat sempurna apalah arti sebuah uang mereka rela mengeluarkan uang sejumlah jutaan rupiah hanya untuk beberapa lembar sketsa rumah yang mau mereka bangun dan hasilnyapun tidak mengecewakan. Bagi orang yang pandai menggambar dan mendesain ini bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan.
yang ketiga, adalah memilih material yang akan kita gunakan , memilih material ini sangatlah penting karena ini yang menentukan berapa lama rumah kita akan bertahan, seberapa kuat rumah kita menahan bencana yang ada, ini tergantung dari pemilihan material diawal kita membangun rumah.
untuk bisa mendapatkan material yang bagus kita harus rajin bertanya-tanya pada teman, tetangga maupun kerabat yang baru saja membangun rumah, bagaimana dia mendapatkan material yang berkualitas baik atau kita juga bisa bertanya pada deponya langsung/toko bangunan untuk memilih material yang berkualitas baik itu bagaimana?.
tapi kebanyakan material dengan kualitas baik tentunya membutuhkan dana yang besar alias harganya beda dengan yang biasa,tapi itu lumprah selama kita benar-benar mendapatkan yang kita harapkan.
dan yang terakhir, anda harus menentukan bagaimana sebuah rumah bisa berdiri diatas lahan yang sudah anda miliki. anda bisa menggunakan jasa seseorang yang bisa/mencari pekerja yang bisa membangun rumah anda atau mengambil jasa pemborong atau juga bisa memakai jasa kontraktor.
ini tergantung dari budget anda, jika anda seorang karyawan biasa dengan penghasilah 1-3 juta perbulan anda bisa memakai alternatif yang pertama yaitu mencari pekerja bangunan disekitar rumah anda yang bisa anda gaji perhari (pekerja harian). ini bisa menghemat pengeluaran anda. tapi proses membangun rumah anda akan sedikit molor atau tidak tepat waktu karena seorang pekerja harian biasanya akan bekerja sesuai kemampuan/bisa dibilang nyantai dalam bekerja dan sebagai bonusnya anda akan dipusingkan dengan masalah-masalah yang mungkin timbul selama membangun rumah anda, seperti : material yang kurang,pekerjaan para pekerja yang kurang beres, dll.
sebaliknya jika anda seorang manager/pengusaha dengan omset puluhan juta perbulan anda bisa memakai jasa seorang pemborong atau kontraktor bangunan, dengan jasa ini anda tidak perlu repot-repot memikirkan masalah yang disebabkan selama proses berlangsung karena biasanya ada penanggung jawabnya sendiri artinya anda hanya akan terima beres dan menerima rumah yang sudah jadi tapi tentu saja ini akan menguras uang anda (membutuhkan dana yang sangat besar).

demikian ulasan singkat yang bisa kami sajikan,semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pembaca. terima kasih....

0 komentar:

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email us: info@bdp.co.id

Tlp: (021) 5365 5163

Our Team CS